Menerapkan Sabar dan Ikhlas




 Sudah terlalu sering kita mendengar kata syukur. Namun hal ini jarang kita lakukan. Begitu sederhana kata-katanya, namun sulit untuk dilakukan. Padahal begitu besarnya nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita.  Dalam hidup ini syukur dan ikhlas menjadi bukti keimanan seseorang. Syukur dan ikhlas semestinya bisa lakukan bersamaan dalam menjalani kehidupan. Karena 2 hal ini adalah senjata ampuh dalam menghadapi lika – liku kehidupan. Bukan Cuma itu saja, syukur dan ikhlas merupakan sumber dari segala kebaikan.

Kita tak bisa terus mengharapkan rasa manis dari hidup ini. Memang berat untuk menerapkan syukur dan ikhlas dalam kehidupan sehari – hari kita. Namun sebisa mungkin kita menerapkannya atas dasar iman.
Banyak hikmah yang ada di balik atas apa yang kita miliki dan ikhlas menjalani hidup di berbagai situasi.

Sabar dan ikhlas akan menjadikan diri kita bahagia dan tenang dalam menjalani hidup. Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melampaui batas kesanggupan kita. Maka, kita harus belajar untuk menghadapinya dengan sabar. Tidak ada kejadian yang harus ditangisi dan disesali, karena yang terjadi dalam liku hidup ini adalah rencana dari Tuhan tanpa mengabaikan usaha yang mesti dilakukan.

Dengan menanamkan syukur dalam hati kita, maka kita akan merasa kecukupan dan damai. Ketika kita bersyukur atas karunia Nya dan tidak berburuk sangka pada Nya maka bisa kita dapatkan kebesaranNya dan niscaya ia akan melipatgandakan karuniaNya kepada kita.
Sudah saatnya kita bekerja dan menjalani hidup ini dengan penuh keyakinan dan keikhlasan. Dengan penuh keyakinan, yakinlah pertolongan Nya akan datang, maka janganlah mengeluh.

sumber : katahati institute
Previous
Next Post »
Thanks for your comment